Pengertian dan Contoh Letter, Advertisement, and Label

Pada Postingan kita kali ini, mari kita coba kupas secara tuntas apa sih Pengertian dan Contoh Letter, Advertisement, and Label
Saya akan coba jelaskan dengan bahasa yang ringkas dan sederhana, dan pastinya mudah dipahami, oke langsung sja kita simak penjelasannya:


A.     Letter
  •     Definition

A letter is a written message from one party to another containing information’ maksudnya  Letter/ Surat adalah pesan tertulis dari salah satu pihak lain yang mengandung informasi.
  • .       Fungsi Letter (surat)

sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja.
  • .       Kind of letter (jenis-jenis surat)

a.       Private letter (surat pribadi)
Surat yang ditulis oleh seseorang kepada orang lain yang berisi keperluan pribadi dan menggunakan bahasa yang tidak baku.
b.       Formal letter (surat resmi)
Surat yang dibuat suatu instansi, organisasi, atau lembaga tertentu yang ditunjukan kepada seseorang atau lembaga lain. Surat resmi biasanya menggunakan bahasa yang baku.
4.       Parts of letter (bagian-bagian surat)
a.       Private letter
-          Tempat, tanggal,bulan,tahun penulisan surat
-          Alamat surat
-          Salam pembuka
-          Kalimat pembuka
-          Isi surat
-          Kalimat penutup
-          Salam Penutup
-          Nama pengirim
b.       Formal letter
-          Kop Surat
-          Tanggal surat
-          Nomor
-          Lampiranr.
-          Perihal/hal
-          Alamat .
-          Salam Pembuka
-          Isi
-          Salam Penutup/jabatan
-          Nama
Contoh :
Private letter
Cilegon, August 21st 2017
Rika
Jl.Bumi manti 3 no 80
Bandar Lampung
Hi my partner, how are you there? I trust you are great. I miss you on the grounds that we have not met in quite a while. Do you miss me as well? On the off chance that you are out of town, I trust you can visit Jogjakarta. I hope we can meet each  other soon. I really missing you.
Ideally we can meet soon, my closest partner

Your Partner,
Rogayah


Formal letter
123 Elm Ave.
Treesville, ON M1N 2P3
May 01, 2016


Mr. M. Leaf
Chief of Syrup Production
Old Sticky Pancake Company
456 Maple Lane
Forest, ON 7W8 9Y0

Dear Mr. Leaf:
Let me begin by thanking you for your past contributions to our Little League baseball team. Your sponsorship aided in the purchase of ten full uniforms and several pieces of baseball equipment for last year’s season.
Next month, our company is planning an employee appreciation pancake breakfast honoring retired employees for their past years of service and present employees for their loyalty and dedication in spite of the current difficult economic conditions.
We would like to place an order with your company for 25 pounds of pancake mix and five gallons of maple syrup. We hope you will be able to provide these products in the bulk quantities we require.
As you are a committed corporate sponsor and long-time associate, we hope that you will be able to join us for breakfast on May 22, 2016.

Respectfully yours,

Derek Jeter
    B.     Advertisement (iklan)
      1.       Definition
Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan untuk mendorong atau menbujuk orang untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan yang dipasang di media massa berbentuk media cetak dan media elektronik (majalah, koran, internet, TV dan radio.)

       2.       Jenis-jenis iklan:
       a.       Iklan produk (Product Advertisement)
Jenis iklan ini adalah jenis yang paling sering dijumpai. Tujuan dari iklan produk adalah untuk membuat masyarakat mengetahui produk dan akhirnya mereka akan membelinya. Contoh: iklan provider telekomunikasi di televisi.

       b.       Iklan jasa (Service Advertisement)
Jenis iklan ini dibuat agar masyarakat sadar dan mengetahui tentang isu tertentu yang dapat menarik perhatian mereka. Contoh: iklan penanganan pasien HIV/AIDS, iklan pencegahan demam berdarah, dan iklan kampanye "save our earth" dan "save our energy".

contoh

     1.       What is the focus of the study at the course?
a.       Teaching
b.       Writing
c.       Reading
d.      Speaking
Pembahasan:
Pada iklan tersebut, terdapat kalimat "100% money back if you can't speak English." Kalimat tersebut menandakan bahwa kursus tersebut fokus pada percakapan dalam bahasa Inggris
Jawaban: D
Ternyata mempelajari bahasa inggris itu cukup mudah yah, buktinya materi Pengertian dan Contoh Letter, Advertisement, and Label cukup mudah untuk dipahami kan?

oke, dan yang trakhir adalah label, apasih label itu?


       C.     Label
            1.       Definition
Label is an information contained in the outer packaging of a product or goods. Dengan adanya label kita bisa menemukan beberapa informasi penting tentang produk yang akan kita gunakan.

             2.       Fungsi tujuan label
To give detailed information about a product. Tujuannya untuk memberikan informasi rinci tentang suatu produk atau barang.

Contoh dan soal





           1.       How much Vitamin C does the POP LEMON TEA contain?
a.       99 g
b.       100 ml
c.       100 mg
d.       65 cal

        2.       From the label we know that  POP LEMON TEA does not contain …
a.       Carbohidrate
b.       Vitamin
c.       Protein 
d.       Energy


Demikianlah postingan saya kali ii mengenai Pengertian dan Contoh Letter, Advertisement, and Label semoga bisa membantu, tanyakan di kolom komentar jika ada pertanyaan lebih lanjut.

atau kalian juga bisa mengunjungi postingan kami
CARA MUDAH MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA INGGRIS BERDASARKAN KARAKTER BELAJAR untuk belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Letter, Advertisement, and Label"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel