Pengertian dan Manfaat Management Trainee Program

Definisi dan Pengertian Management Trainee

Management Trainee adalah merupakan proses pelatihan terhadap karyawan baru yang direkrut oleh perusahaan untuk diberikan pengarahan dan wawasan tentang profil dan unit bisnis perusahaan, dan diharapkan hasil dari pelatihan dan pengembangan karakter ini akan diperoleh dan diseleksi calon pegawai baru yang memiliki kualitas untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen di perusahaan.

Salah satu program management trainee atau (MT) umumnya calon karyawan akan di coba berbagai macam jenis kegiatan untuk  melihat kemampuan dan bakat dari masing-masing peserta pelatihan.

Masa pelatihan biasanya sangat tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan, ada yang melaksankannya dalam waktu 6 bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun.

Mereka diberikan pelatihan dan pengetahuan yang berkaitan dengan prosedur operasional perusahaan,  keahlian perencanaan,  pengendalian usaha, risk manajemen, dan rencana manajerial.

Disamping penguasaan materi, para peserta juga sekaligus melakukan On Job Training atau praktek kerja langsung dengan aktifitas perusahaan sehari-hari.

Definisi dan Pengertian Management Trainee Pengertian dan Manfaat Management Trainee Program

Standarisasi Calon Peserta Management Trainee Program

Pihak manajemen Perusahaan umumnya menetapkan standarisasi yang cukup tinggi pada calon peserta management trainee. 

Hal tersebut antara lain memberikan syarat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3 untuk lulusan fresh graduate dari perguruan tinggi, memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, kecakapan berorganisasi dan berkomunikasi, dan memiliki keahlian khusus diluar kemapuan akademik.

MT dibuat dan dirancang sedemikian rupa untuk menyiapkan para calon manajerial perusahaan di masa yang akan datang.  

Untuk menjalankan tugas dalam pelatihan Management Trainee biasanya perusahaan membayar konsultan ahli manajemen khusus yang berpengalaman, hal ini karena mereka menganggap sumber daya manusia merupakan aset yang bernilai tinggi untuk kemajuan perusahaan.



Manfaat Utama Manajemen Trainee

Manfaat langsung dan dampak positip yang diperoleh perusahaan dengan menerapkan prosedur management traine anatara lain :
  • Dapat menilai, mengevaluasi dan menyaring calon manajerial yang berkualitas
  • Menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang handal dan trampil yang akan dipromosikan ke jenjang executive perusahaan.
  • Memberikan wawasan dan pengembangan karakter calon manajerial.
  • Memberikan pelatihan tentang standar operasional prosedur perusahaan yang baku.
  • Pelatihan dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Perusahaan
  • Sarana peningkatan kemampuan manajemen
  • Peningkatan produktifitas perusahaan 

Proses management trainee sangat vital fungsinya untuk pengembangan visi dan misi perusahaan untuk masa yang akan datang, dan satu hal yang sangat penting yaitu mereka dapat bersaing di dunia usaha saat ini yang sangat menuntut efisiensi dan profesionalisme.


Sumber https://www.kembar.pro/

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Management Trainee Program"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel