Cara Mencegah Penyakit Kelinci Di Ekspresi Dominan Hujan

Terkadang kita dibentuk galau dengan fenomena kelinci pada animo hujan, tepatnya ketika awal bulan November hingga selesai Februari. Di bulan-bulan tersebut biasanya keluhan mengenai janjkematian kelinci yang mendadak semakin marak. Bukan hanya anak kelinci yang mati, tapi induk-induknya juga ikut mati akhir sakit di animo hujan.

Padahal kalau dipikir-pikir harusnya kelinci tidak mati ketika animo hujan. Karena posisi kelinci tidak kehujanan. Selain itu, di habitat aslinya kelinci juga tidak mati ketika animo hujan. Tapi kenapa kelinci kita mati? Yang salah bekerjsama cuaca atau kitanya?

Yang jelas, manusianya yang salah. Namun tentu saja semua ada penyebabnya. Tidak mungkin ada akhir kalau tidak ada sebab. Untuk itu demi menjawab persoalan-persoalan yang ada di grup-grup media umum mengenai penyakit kelinci pada animo hujan, hobinatang.com akan membagikan tips jitu mencegah penyakit yang menyerang kelinci di animo hujan. Disertai juga penyebab-penyebab mengapa kelinci banyak yang mati di animo hujan.

Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Kelinci di Musim Hujan


 Terkadang kita dibentuk galau dengan fenomena kelinci pada animo hujan Cara Mencegah Penyakit Kelinci di Musim Hujan

Jika ada pertanyaan, "Mengapa kelinci sering mati mendadak di animo hujan dan lebih rentan terhadap penyakit?"

Jawabannya ialah lantaran animo hujan sanggup mempengaruhi perubahan suhu dan kelembaban. Kadar udara semakin hambar dan tingkat kelembaban semakin tinggi. Ditambah lagi rumput-rumput menjadi basah.

Kondisi ibarat itulah yang menjadi penyebab kelinci sakit pada animo hujan. Bakteri dan virus berkembang biak dengan cepat. Rumput yang berair menjadi tempat yang paling baik bagi pertumbuhan benalu eimeria. Eimeria sendiri ialah salah satu virus yang sanggup menyerang badan kelinci serta menjadikan diare dan lain lain.

Kelinci yang masih kecil dan mempunyai daya tahan badan yang lemah, rentan terhadap benalu tersebut. Bahkan kelinci cukup umur yang berdaya tahan badan lemah juga sanggup terkena imbasnya. Oleh alasannya ialah itu kalian harus mengurangi resiko janjkematian kelinci pada animo hujan. Karena bila sudah terlambat, menggunakan obat saja kurang maksimal. Berikut beberapa langkah mencegah penyakit kelinci animo hujan:

1. Cuci Rumput untuk Pakan Kelinci


Jangan beranggapan kalau hujan akan membersihkan bubuk debu yang melekat pada rumput. Sebaliknya justru gerimis atau hujan akan menciptakan rumput semakin kotor, terutama di tempat perkotaan yang sudah terkotori oleh banyak sampah. Maka sebaiknya mencuci ulang rumput yang akan  dijadikan pakan kelinci.

Begitu juga pada rumput kering. Untuk berhati-hati dan memastikan tidak ada basil di animo hujan. Sebaiknya dicuci dulu.

2. Mengambil Rumput di Waktu yang Tepat


Sebisa mungkin kalian perhatikan waktu pengambilan rumput untuk pakan kelinci. Kalau sanggup mengambilnya ketika kering tidak berair lantaran hujan. Biasanya rumput-rumput yang kering pada ketika matahari di atas kita sekitar jam 11.00 hingga jam 01.00 siang. Panasnya matahari sanggup mengurangi pertumbuhan basil penyakit.

Baca: Jenis Rumput yang Baik untuk Makanan Kelinci

3. Hindari Kelembaban Kandang Kelinci


Kandang yang bersuhu lembab sanggup menjadi sarang virus penyakit kelinci. Sehingga rentan terkena scabies. Agar hal itu tidak terjadi, kurangi kelembaban sangkar tersebut dengan menempatkan di bawah panas matahari pagi pukul, 07.00 hingga pukul, 09.00 pagi. Setidaknya kalian sanggup menjemurnya selama setengah jam. Hingga bakteri-bakteri yang ada di dalam sangkar mati semua.

4. Berikan Air Minum Bersih


Kelinci juga membutuhkan minum sebagaimana yang sudah kami bahas di artikel, cara memberi minum kelinci. Namun jangan hingga memberi minum yang ditampung dari air hujan. Sebab kebersihan air hujan yang sudah ditampung kurang terjamin. Silakan gunakan air sumur yang sudah diendapkan semalam atau beberapa jam.

Baca juga: Ukuran Memberi Air Minum pada Kelinci Setiap Hari

Itulah 4 langkah sempurna pencegahan penyakit kelinci pada animo hujan. Semoga kalian sanggup mengatasinya dengan gampang tanpa ada kesulitan. Bagikan ke yang lain.

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit Kelinci Di Ekspresi Dominan Hujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel